Let's Learn and Share

Wednesday, April 29, 2015

Tutorial Cara Menghilangkan Password di Excel Sheet

Kadang- kadang ketika kita mengerjakan tugas dengan Excel, kita memproteksi sheet Excel kita supaya tidak bisa diubah- ubah oleh orang lain. Adakalanya suatu saat ketika kita membutuhkan file tersebut, kita lupa password apa yang telah kita buat sebelumnya. Tentunya kita menjadi bingung bagaimana caranya mengedit file yang telah kita buka tersebut padahal kita sangat membutuhkannya.  Nah, hari ini saya akan share beberapa langkah untuk membuka proteksi tersebut sehingga file Excel kita bisa kita edit. Jangan lupa untuk membuat backup file Excel yang ingin anda buka proteksinya untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi saat proses nanti sehingga file masternya masih ada.

Caranya:
1. Kita setting dulu Folder dan Search Option di Windows Explorer untuk menampilkan semua ekstensi yang ada di windows explorer.





Klik View dan hilangkan centang pada "Hide Extensions for Known File Types" dan OK


2. Masuk ke File Excel kita, kali ini saya menggunakan file Practice.xlsx

3. Ubah file ekstensi  .xlsx menjadi .zip, pilih Yes pada Konfirmasi

4. Ketika sudah berubah ekstensinya, klik kanan, pilih 7-zip dan Open Archive
5. Setelah dibuka, pilih xl kemudian pilih worksheet, dan pilih sheet yang akan di edit.

6. Setelah masuk ke menu edit xml, cari  sheetProtection, kalau tidak ketemu, tekan ctrl+F untuk menu pencarian

7. Hapus beberapa bagian script seperti gambar berikut ini, ( penghapusan script tergantung dengan isi atau content sheet yang terpassword).

8. Save dan close sheet xml dan file zip anda, klik Yes jika ada konfirmasi.
9. Kembali ke practice.zip, ubah ke ekstensi semula menjadi practice.xlsx.


10. Buka file Excel anda, dan semoga saja sheet yang terpassword sudah bisa di Edit seperti semula.
       

Semoga Bermanfaat.















0 komentar: