Let's Learn and Share

Friday, December 12, 2014

Mengubah teks menjadi Suara dengan Balabolka

Hari ini saya akan mengulas tentang salah satu software yang sangat membantu khususnya bagi anda guru-guru bahasa inggris dalam membuat latihan Listening bagi para muridnya. Software yang akan saya ulas kali ini adalah Balabolka. Balabolka merupakan sebuah program freeware alias gratis yang digunakan untuk mengubah teks menjadi suara;  Text-To-Speech (TTS) . Anda hanya tinggal mengcopykan  Teks pada layar kemudian hanya dengan satu klik, dan teks tersebut dapat disimpan sebagai WAV, MP3, MP4, OGG atau file WMA.  Program ini juga dapat membaca isi clipboard, melihat teks dari AZW, CHM, DjVu, DOC, EPUB, FB2, HTML, LIT, MOBI, ODT, RRC, PDF dan file RTF, menyesuaikan font dan warna latar belakang, membaca kontrol dari sistem tampilan muka atau oleh hotkeys global.

Program ini menggunakan berbagai versi Microsoft Speech API (SAPI) , yang memungkinkan untuk mengubah parameter suara, termasuk tingkat dan pitch. Pengguna dapat menerapkan daftar substitusi khusus untuk meningkatkan kualitas artikulasi suara itu. Fitur ini berguna bila Anda ingin mengubah ejaan kata-kata. Aturan untuk koreksi pengucapan menggunakan sintaks ekspresi reguler.
Balabolka dapat menyimpan teks disinkronkan dalam file LRC eksternal atau di tag MP3 dalam file audio. Ketika sebuah file audio dimainkan dengan pemain di komputer atau pemutar audio digital yang modern, teks ditampilkan serentak (pada cara yang sama, seperti lirik untuk lagu).
Berikut tampilan muka Balabolka
Dengan penggunaan yang mudah, saya kira bagi para pengguna yang awampun bisa mengoperasikannya.

Ukuran Balabolka : 7086 KB
Versi                           : 2.6.0.535
Lisensi                        : Freeware
Sistem Operasi         : Microsoft Windows XP/Vista/7/8
Bahasa                         : Inggris, Arab, Bulgaria, Cina (Sederhana), Cina (Tradisional), Ceko, Belanda, Korea Finlandia, Perancis, Jerman, Hungaria, Italia, Jepang,, Polandia, Portugis (Brasil), Portugis (Portugal), Rumania, Rusia, Serbia, Spanyol, Turki, Ukraina, Vietnam
Bantuan Files           : Inggris, Perancis, Jerman, Korea, Rusia, Ukraina
Untuk yang mau download, silahkan klik disini
Terima Kasih, semoga bermanfaat..

0 komentar: